Perjanjian dengan Kakao M Sudah Berakhir, Ratusan Lagu K-pop Hilang dari Spotify

- 1 Maret 2021, 12:47 WIB
Logo Spotify dan Kakao M.
Logo Spotify dan Kakao M. /bandwagon.asia/

KABAR TEGAL- Ratusan lagu K-pop menghilang dari Spotify seluruh dunia di saat platform streaming itu masih berusaha mencapai kesepakatan dengan distributor Kakao M.

Kakao M merupakan salah satu perusahaan co-publisher terbesar di Korea Selatan saat ini.

Kakao M mendistribusikan banyak lagu populer Korea, di mana 37,5 persen lagunya masuk ke dalam tangga lagu tahunan top 400 tahun 2020 dari Gaon Music Chart.

Baca Juga: Mulai Hari Ini ! Pemkab Tegal Gratiskan Uji Berkala untuk Angkutan Umum

Dikutip Kabar Tegal dari Antara, dalam pernyataan kepada NME, juru bicara Spotify mengonfirmasi katalog lagu dari Kakao M tidak akan lagi tersedia untuk pengguna di dunia mulai 1 Maret 2021 karena lisensinya sudah kedaluarsa.

"Kami sudah bekerjasama dengan Kakao M selama 1,5 tahun untuk memperbarui kesepakatan lisensi global, agar musik-musik dari artis mereka tetap tersedia untuk pendengar Spotify di hampir 170 pasar di dunia," katanya.

"Meski sudah berusaha keras, perjanjian lisensi kami dengan Kakao M (yang mencakup seluruh negara selain Korea Selatan) telah berakhir."

Baca Juga: Sim Keliling Jakarta 1 Maret 2021, Silahkan Cek Jadwalnya

"Fakta bahwa kami belum sepakat atas perjanjian global baru sungguh disayangkan untuk para artis, juga penggemar dan pendengar di dunia."

"Kami berharap gangguan ini hanya sementara dan kami bisa menyelesaikan secepatnya. Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan pemegang hak lokal termasuk Kakao M, untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan.”

Perusahaan induk Kakao M juga memiliki dan mengoperasikan layanan streaming MelOn, salah satu platform musik digital terbesar di Korea Selatan.

Baca Juga: Ramalan Shio Senin 1 Maret 2021 Shio Anjing, Babi, Ayam: Bekerjalah dengan Mantap dan Tahan Godaan

Dalam cuitan di Twitter, Tablo dari grup Epik High menulis hilangnya musik-musik Kpop merupakan buntut perselisihan pendapat antara perusahaan Korea dan Spotify.

"Tampaknya perselisihan antara distributor kami Kakao M dan Spotify telah membuat album baru kami Epik High Is Here tidak tersedia secara global di luar keinginan kami," tulisnya. 


"Terlepas siapa yang salah, mengapa artis dan penggemar yang menderita ketika bisnis mengedepankan keserakahan di atas seni?"

Baca Juga: Ramalan Shio Senin 1 Maret 2021 Shio Kerbau, Macan, Tikus : Hari Keberuntungan Terutama Urusan Hati

Ketika Spotify dirilis di Korea Selatan, juru bicara Kakao M kepada Korea Herald mengatakan mereka masih berdiskusi dengan Spotify mengenai distribusi lagu lewat platform tersebut.

Di sisi lain, artis-artis yang berada di bawah SM, YG, JYP dan BigHit Entertainment tidak terpengaruh.***

Editor: Lazarus Sandya Wella

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x