Menjadi Syarat Penumpang KA, Kemenhub Terapkan Tarif Uji Coba GeNose Senilai Rp20 Ribu

- 3 Februari 2021, 16:42 WIB
GeNose C19, Alat tes Covid-19 Buatan Tim Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
GeNose C19, Alat tes Covid-19 Buatan Tim Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. /Humas UGM

KABAR TEGAL - Kementrian Perhubungan telah menetapkan alat deteksi Covid-19, GeNose sebagai salah satu alternatif syarat pemeriksaan kesehatan penumpang kereta api jarak jauh.

Untuk tahap awal, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mematok tarif pemeriksaan tes covid-19 GeNose sebesar Rp20 ribu. Harga tersebut berlaku di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu Yogyakarta.

"Tarif yang dikenakan pada saat uji coba atau pre launching ini adalah Rp20 ribu," jelas Vice President Public Relations PT KAI, Joni Martinus dalam keterangannya, Rabu 3 Februari 2021.

Baca Juga: Calon Penumpang KA Dianjurkan Melakukan Hal Ini! Sebelum Tes GeNose

Joni mengklaim saat ini PT KAI sudah siap menerapkan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun. Hal ini untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menghadirkan layanan transportasi kereta api yang bebas dari Covid-19.

"Dengan adanya layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun akan semakin memperkuat deteksi dini penularan Covid-19 sehingga lebih mempercepat pencegahan penularan Covid-19 dan menjadikan moda transportasi Kereta Api yang makin nyaman aman dan sehat," tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut pemeriksaan GeNose C19 akan menambah opsi bagi masyarakat untuk melakukan pengecekan kesehatan selain tes rapid antigen dan PCR bagi penumpang Kereta Api Jarak Jauh.

Baca Juga: GeNose Resmi Mendapat Izin Beredar Dari Kemenkes, Siap Digunakan di Stasiun Tugu dan Pasar Senen

"Sekarang ini kami masih gunakan di dua stasiun yaitu Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tugu Yogyakarta. Nantinya secara bertahap penggunaan GeNose akan ditambah di titik-titik stasiun lainnya," ungkap Menhub Budi saat meninjau kesiapan di Stasiun Senen, Jakarta Pusat.***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x