Polres Kukar Ungkap Hoaks Foto Viral 'Jenazah laskar FPI tersenyum saat meninggal'

- 11 Desember 2020, 23:23 WIB
Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting bersama saksi korban Ahmad Mujahid saat konferensi pers di Polres Kukar, Jumat (11/12).
Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting bersama saksi korban Ahmad Mujahid saat konferensi pers di Polres Kukar, Jumat (11/12). /

KABAR TEGAL - Polres Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur mengungkap berita foto viral "Jenazah Laskar FPI tersenyum saat meninggal" merupakan berita bohong.

Kapolres Kukar AKBP Irwan Masulin Ginting mengatakan bahwa foto yang diviralkan sebagai laskar FPI yang meninggal tersebut merupakan warga Kutai Kartanegera bernama Ahmad Mujahid 33 tahun dan yang bersangkutan masih hidup.

"Awal mula foto itu tersebar saat Mujahid saling mengirim pesan WhatsApp kepada rekannya, saat ini Mujahid kita tetapkan sebagai saksi korban," kata Kapolres, Irwan kepada awak media di Kukar, Jumat 11 Desember 2020.

Baca Juga: Sikap Tegasnya Terhadap FPI Jadi Sorotan, Berikut Perjalanan Karir Irjen Fadil Imran

Irwan mengungkapkan pada 7 Desember 2020 foto tersebut disebar ke WA grup pecinta dan pembela ulama, sehari kemudian yakni 8 Desember 2020, foto tersebut viral dengan narasi Jenazah Laskar FPI tersenyum saat meninggal.

Irwan menjelaskan foto yang viral tersebut merupakan hasil swafoto Mujahid pada 6 Desember 2020, saat itu Mujahid sedang chatting WhatsApp dengan seseorang bernama Tri.

Pihaknya terus mendalami kasus tersebut dengan memeriksa sejumlah saksi untuk dimintai keterangan.

Baca Juga: Kendalikan Konsumsi, Pemerintah Naikkan Cukai Rokok Terhitung Februari 2021

Sejumlah pihak yang mengedit dan memviralkan, nama-namanya telah dikantongi oleh Bareskrim Mabes Polri.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x