Pesan Menag saat Lepas Keberangkatan Kloter Pertama Jemaah Haji: Luruskan Niat dan Jaga Kesehatan

- 12 Mei 2024, 16:29 WIB
Pesan Menag Yaqut Cholil Qoumas saat melepas keberangkatan 388 jemaah haji kloter pertama: luruskan niat dan jaga kesehatan.
Pesan Menag Yaqut Cholil Qoumas saat melepas keberangkatan 388 jemaah haji kloter pertama: luruskan niat dan jaga kesehatan. /Kemenag/Fadhlillh Hafizhan M/

KABAR TEGAL - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan 388 jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG-01) di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), pada Minggu, 12 Mei 2024 dini hari. Ikut terbang bersama mereka, lima petugas kloter.

Turut mendampingi Menag melepas keberangkatan jemaah, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tb Ace Hasan Syadzili, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief bersama sejumlah pejabat eselon I dan II lainnya, serta para Staf Ahli, Staf Khusus, dan Tenaga Ahli Menag.

Menag kembali berpesan agar jemaah menata ulang kembali niatnya. Menag berharap jemaah fokus untuk beribadah haji.

Baca Juga: Calon Haji Kloter 11 Asal Sumatera Utara Wafat Sebelum Masuk Asrama

"Kami mengingatkan ke bapak ibu sekalian agar niatnya ditata dengan benar. Niat Bapak Ibu ke tanah suci itu beribadah. Tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji di Tanah Suci," ucap Gusmen kepada para jemaah di pesawat, sebagaimana dikutip Kabar Tegal dari laman resmi Kemenag RI.

Menag juga kembali mengingatkan pentingnya menjaga fisik, karena cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia.

"Cuaca di Tanah Suci sangat panas. Agar kondisi fisik Bapak Ibu dijaga. Makan yang cukup, minum yang cukup, vitamin juga harus diminum," ucapnya.

Ia pun meminta para jemaah tak segan meminta tolong kepada petugas jika membutuhkan sesuatu. Ia pastikan, petugas akan membantu dengan setulus hati.

Baca Juga: Sekda Melepas 1.257 Jamaah Calon Haji Kabupaten Tegal

"Jika membutuhkan segala sesuatu nanti, sampaikan kepada petugas. Kami di Kemenag bersama Kemenkes sudah menyiapkan petugas-petugas yang akan dan siap melayani bapak ibu sekalian. Apapun kebutuhannya sampaikan kepada petugas, jangan sungkan," kata Menag.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah