Catat! Ini Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksinasi Booster di PeduliLindungi

- 14 Januari 2022, 13:39 WIB
ilustrasi vaksin Moderna (antaranews).
ilustrasi vaksin Moderna (antaranews). /Kabar Tegal / Anis Yahya/

KABAR TEGAL - Vaksinasi booster akan dimulai pada Rabu, 12 Januari 2022. Masyarakat bisa mulai mengecek tiket dan jadwal vaksinasi Covid-19 di aplikasi PeduliLindungi. Vaksinasi ini diprioritaskan untuk masyarakat lanjut usia dan kelompok rentan.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengungkapkan, masyarakat yang masuk ke dalam kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di website dan aplikasi PeduliLindungi.

Tiket tersebut dapat digunakan untuk fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat pada waktu yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Belum Bisa Bicara, Tukul Arwana Komunikasi Pakai Bahasa Isyarat

“Jadi tidak ada registrasi tapi bisa mengecek PeduliLindungi apakah sudah terdaftar atau tidak,” kata Nadia pada Selasa, 11 Januari 2022.

Melalui website, masyarakat bisa mengecek lewat pedulilindungi.id dan mengecek status serta tiket vaksinasi. Caranya mudah hanya dengan memasukkan nama lengkap, NIK, lalu klik periksa.

Jika melalui aplikasi PeduliLindungi, anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Buka aplikasi PeduliLindungi
  2. Masuk dengan akun yang telah terdaftar
  3. Klik menu ‘Profil’ dan pilih ‘Status Vaksinasi dan Hasil Tes COVID-19’
  4. Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul pada akun
  5. Untuk cek tiket vaksin, bisa masuk ke menu “riwayat dan tiket vaksin

Jika anda termasuk kelompok prioritas tetapi belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksin di aplikasi PeduliLindungi, anda bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan dan tempat vaksinasi dengan membawa KTP dan surat vaksinasi dosis 1 & ke 2.

Baca Juga: Mahasiswa di Salatiga Meninggal Saat Mapala, Diduga Kelelahan

Masyarakat yang mendaftarkan diri untuk ikut vaksinasi Covid-19 tidak diperbolehkan menggunakan NIK dan nomor handphone milik orang lain saat mendaftar vaksinasi booster. Karena dikhawatirkan akan menyebabkan kendala administrasi di kemudian hari.***

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network