Kabar Baik! Arab Saudi Kembali Izinkan Pelaksanaan Ibadah Umroh Bagi Masyarakat Indonesia

- 9 Oktober 2021, 19:43 WIB
Arab Saudi kembali berikan izin ibadah umroh dari Indonesia/Arsy Mulana Zulfa
Arab Saudi kembali berikan izin ibadah umroh dari Indonesia/Arsy Mulana Zulfa /Saudi Gazette/

KABAR TEGAL - Pemerintah Arab Saudi memberikan izin kembali kepada masyarakat Indonesia bagi yang hendak melakukan ibadah Umroh.

Ini merupakan sebuah kabar baik, karena Indonesia sendiri hampir dua tahun belum mengantongi izin untuk melakukan ibadah baik Umroh maupun Haji.

Disampaikan dalam siaran pers Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, telah melakukan pembahasaan panjang dengan pemerintah Arab Saudi dengan melihat perkembangan penanganan Covid-19 yang membaik.

Baca Juga: Tes Kepribadian: Dihadapkan dengan Pintu, Apa yang Akan Anda Lakukan? Ketahui Siapa Anda Sebernarnya

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umroh bagi jamaah Indonesia," ujar Retno pada Sabtu, 9 Oktober 2021.

Komite khusus di Kerajaan Saudi Arabia sedang berusaha untuk meminimalisir segala hambatan yang mungkin akan menghalangi jamaah Umroh Indonesia.

Disebutkan oleh Retno, pemerintah Indonesia dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi saat ini sudah melakukan tahap akhir pembahasan teknis, diantaranya terkait vaksin dan proses karantina.

Baca Juga: Manfaat Kopi Pahit Bisa Menurunkan Resiko Penyakit Berat

"Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari bagi para jamaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan," sebut Retno.

Pada bulan Agustus 2021 lalu sebenarnya perjalanan ibadah umroh sudah dibuka. Namun sayangnya Indonesia belum mengantongi izin dikarenakan penggunaan vaksin jenis Sinovac.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella

Sumber: kemlu.go.id


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X