Satgas Penanganan Covid-19 Berikan 20.000 Bibit Tanaman Untuk Ketahanan Pangan di Kabupaten Tegal

- 17 Oktober 2020, 06:55 WIB
Satgas Penanganan Covid-19 Tim Koordinator Relawan menyerahkan 20.000 paket bibit tanaman kepada TP PKK Kabupaten Tegal dan Pemerintah Kecamatan Pangkah (15/10/2020) /Kabar Tegal/

Kabar Tegal - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Tim Koordinator Relawan memberikan bantuan bibit tanaman kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal. Bantuan berupa paket tanaman sebanyak 20.000 paket tesebut diserah terimakan kepada pengurus PKK Kabupaten Tegal dan Pemerintah Kecamatan Pangkah, Kamis (15 Oktober 2020)

Satgas Penanganan Covid-19 Tim Koodinator Relawan telah melakukan beberapa program kegiatan khususnya di wilayah Kabupaten Tegal. Diantaranya sosialisasi penerapan protokol kesehatan di pasar-pasar tradisional, pembagian masker dan faceshield, serta alat pengukur suhu di beberapa titik yang ada di Kabupaten Tegal.

Program pemberian bibit tanaman ini dalam rangka menciptakan ketahanan pangan masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Paket tanaman berupa sayur mayur ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk mencukupi kebutuhannya terutama bagi yang tengah melakukan physical distancing. Bibit tanaman yang diberikan diantaranya bibit cabai, seledri, tomat, terong dan sawi putih.

Penyerahan secara simbolis dari Satgas Penanganan Covid-19 kepada Ketua TP PKK Kabupaten Tegal, Sisca Zulistia Ardi
Penyerahan secara simbolis dari Satgas Penanganan Covid-19 kepada Ketua TP PKK Kabupaten Tegal, Sisca Zulistia Ardi

"Masyarakat tanpa harus keluar rumah diharapkan bisa terpenuhi kebutuhannya, terutama untuk kebutuhan sayur mayur," jelas Valentino Diyu, PIC Satgas Penanganan Covid-19.

Camat Pangkah, Drs. Bambang Sihana, menyambut baik program bantuan ini. Bambang mengatakan bantuan ini akan sangat efektif terutama bagi kelompok tani dan ibu-ibu rumah tangga.

"Pemerintah Kecamatan Pangkah merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan ini. Ini bisa jadi solusi ketahanan pangan ditengah pandemi. Masyarakat dapat mengurangi intensitas keluar rumah," ungkap Bambang.

Ketua TP PKK Kabupaten Tegal, Sisca Zulistia  Ardi, dalam sambutannya berharap Satgas Penanganan Covid-19 bisa bersinergi lagi dalam waktu-waktu mendatang. Ibu-ibu PKK sebagai ujung tombak ketahanan pangan keluarga harus bisa menyingkapi pandemi covid-19 dengan siasat aman dan sehat.

"Bantuan ini cukup efektif, bisa ditanam dihalaman depan rumah. Perawatannya juga sangat mudah, yang terpenting dirawat dan rajin disiram. Ibu-ibu diharapkan bisa berfikir inovatif, bagaimana bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari tapi tetap aman dan tetap sehat," pungkas Sisca.

Ketua TP PKK Kabupaten Tegal, Sisca Zulistia Ardi, menyerahkan bibit tanaman kepada pengurus TP PKK
Ketua TP PKK Kabupaten Tegal, Sisca Zulistia Ardi, menyerahkan bibit tanaman kepada pengurus TP PKK


Satgas Penanganan Covid-19 Koordinator Relawan menjadikan Kabupaten Tegal sebagai pilot project ketahanan pangan, diharapkan program ini berhasil dan bisa dilakukan di daerah lainnya di Indonesia. Selain program bibit tanaman, program-program lain seperti budi daya peternakan ayam, ikan lele, sayuran hidroponik akan jadi program unggulan yang akan diberikan kepada masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat. ***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X