Komitmen NLR, Pemerintah dan DSM Perangi Kusta di Kabupaten Tegal

- 28 Mei 2024, 20:16 WIB
Komitmen NLR, Pemerintah dan DSM Perangi Kusta di Kabupaten Tegal.
Komitmen NLR, Pemerintah dan DSM Perangi Kusta di Kabupaten Tegal. /Kabar Tegal/Dwi Prasetyo Asriyanto/

KABAR TEGAL - Netherlands Leprosy Relief (NLR) lembaga internasional non pemerintah asal Belanda yang bergerak dibidang penanggulangan dan pengendalian kusta berkomitmen memerangi kusta di Kabupaten Tegal.

Komitmen NLR diwujudnyatakan dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Bappeda & Litbang dan Difabel Slawi Mandiri (DSM) saat acara Forum Peduli Disabilitas (FPD) di Gedung Dadali Pemkab Tegal, Selasa, 28 Mei 2024.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Senior Program Officer NLR Heleen Broekkamp, Kepala Bappeda dan Litbang Pemkab Tegal M Faried Wajdi dan Koordinator Difabel Slawi Mandiri (DSM) Khambali.

Baca Juga: Puluhan Difabel di Tegal Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Menurut Faried, kedatangan NLR Kabupaten Tegal ini khusus membahas secara spesifik  terkait penanganan kusta bagi disabilitas dengan melakukan kajian antar NLR dan DSM.

"NLR tertarik seperti apa kedalamannya aktivitas yang sudah dilakukan antara Pemkab Tegal dan DSM, termasuk terbentuknya forum peduli disabilitas secara umum," kata Faried.

Ia menyebut bahwa kasus kusta di Kabupaten Tegal merupakan terbanyak nomor 2 di Jawa Tengah dengan jumlah sampai 260 kasus lebih.

"Nah, ini menjadi alasan NLR, sebuah LSM yang konsen penanganan kusta karena Kabupaten Tegal masuk daerah dengan penderita kusta masuk kategori terrtinggi di Jawa Tengah," sebutnya.

Ia menjelaskan, Pemkab Tegal sudah banyak sekali program yang melibatkan DSM, termasuk pengelolaan air minum bantuan dari Australia mulai dari kajian kita libatkan sebagai bentuk implementasinya.

Baca Juga: Difabel Slawi Mandiri Dorong Pemkab Tegal Implementasikan Aturan Terkait Desa Inklusi

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah