Cegah Laka Fatal, Satlantas Polres Pemalang dan Petugas Gabungan Ramp Check PO Bus Pariwisata

- 20 Mei 2024, 10:20 WIB
Satlantas Polres Pemalang dan petugas gabungan saat melaksanakan Ramp Check PO bus Pariwisata.
Satlantas Polres Pemalang dan petugas gabungan saat melaksanakan Ramp Check PO bus Pariwisata. /Dok. Humas Polres Pemalang/

KABAR TEGAL - Satlantas Polres Pemalang melaksanakan ramp check pada 6 unit bus milik salah satu Perusahaan Otobus (PO) bus pariwisata yang berkantor di Kabupaten Pemalang, ramp check dilakukan bersama Tim penguji dari Dinas Perhubungan, Organda dan Jasa Raharja, Sabtu, 18 Mei 2024.

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya mengatakan, ramp check dilakukan untuk mengecek dan memeriksa secara langsung persyaratan teknis, serta kelengkapan surat-surat kendaraan.

“Pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh pada komponen kelaikan bus, seperti rem, lampu-lampu, klakson hingga ban, juga pemeriksaan surat-surat, seperti SIM, STNK dan buku uji,” kata Kapolres Pemalang.

Baca Juga: Polres Tegal Kota Kawal dan Amankan Penyampaian Aspirasi Para Buruh PT. CTG Pemalang

Menurutnya, ramp check dilakukan untuk memastikan apakah kondisi fisik Bus telah memenuhi syarat layak jalan, dan kelengkapan administrasi kendaraan telah dipenuhi oleh PO Bus.

“Kegiatan ini untuk mencegah fatalitas korban akibat kecelakaan lalu lintas, serta menjaga keselamatan penumpang bus, agar dapat menggunakan layanan bus dengan kondisi kendaraan yang layak jalan,” tuturnya. 

Ia mengatakan, ramp check dilakukan secara rutin, dan akan dilanjutkan ke seluruh PO bus yang memiliki kantor perwakilan atau agen di wilayah Kabupaten Pemalang.

Baca Juga: Ungkap Kasus Begal di Watukumpul, Polres Pemalang Amankan Dua Tersangka

“Hasil pengecekan 6 unit bus milik salah satu PO bus pariwisata hari ini, seluruhnya dalam keadaan baik dan layak jalan,” tuturnya. 

Namun demikian, Kapolres Pemalang mengatakan, pihaknya tetap mengimbau pemilik PO bus agar tetap rutin melakukan perawatan pada kendaraan, dan selalu memperhatikan kondisi kesehatan para kru bus.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah