Usung Tema Harmoni, Hari Jadi ke 423 Kabupaten Tegal Bakal Dimeriahkan Berbagai Rangkaian Acara

- 15 Mei 2024, 20:47 WIB
Pj Bupati Tegal Agustyarsyah (kanan) Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud (kiri) saat konferensi pers soal Hari Jadi ke 423 Kabupaten Tegal, Rabu, 15 Mei 2024.
Pj Bupati Tegal Agustyarsyah (kanan) Sekda Kabupaten Tegal Amir Makhmud (kiri) saat konferensi pers soal Hari Jadi ke 423 Kabupaten Tegal, Rabu, 15 Mei 2024. /Kabar Tegal/Dwi Prasetyo Asriyanto/

KABAR TEGAL - Kabupaten Tegal genap berusia 423 tahun pada 18 Mei 2024 mendatang. Perjalanan panjang Pemerintahan Kabupaten Tegal sejak zaman kolonial Hindia Belanda hingga kemerdekaan RI tentu menyimpan banyak cerita dan peristiwa bersejarah untuk dikenang dan dilestarikan demi kemaslahatan generasi penerus.

"Sebagai wujud rasa syukur kita atas segala nikmat dan rahmat dari Allah SWT serta penghormatan kepada para leluhur, para pendahulu sekaligus upaya pelestarian budaya jawa, kita melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke 423 Kabupaten Tegal," kata Pj Bupati Tegal, Agustyarsyah yang didampingi Sekda Amir Makhmud  dalam konferensi pers, di  Rabu 15 Mei 2024.

Menurutnya, pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal tahun ini mengangkat tema Harmoni. "Sebuah kondisi yang kita perlukan untuk menciptakan harmonis, ayem-tentrem di kehidupan masyarakat Kabupaten Tegal di tengah hiruk pikuk kontestasi politik tahun ini," ujarnya.

Baca Juga: Usung Tagline 'Bupati Gratis', KRT Rosa Mulya Aji Daftar Bakal Calon Wakil Bupati Tegal ke PDIP

Pj Bupati Tegal berharap, melalui semangat ini selalu terbangun rasa kebersamaan, kegotong-royongan dan optimisme menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan.

"Selain menciptakan tata hubungan antarpihak yang selaras, serasi dan berkesinambungan, harmoni akan memotivasi setiap insan bekerja lebih giat, mampu membangun dan menjalankan usahanya dengan baik di tlatah Tegal ini," tandasnya.

Berikut rangkaian acara Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal Tahun 2024 sebagai berikut:

1. Ziarah ke makam para pendiri Kabupaten Tegal seperti Ki Gede Sebayu, Sunan Amangkurat I, Ki Ageng Hanggawana, dan Pangeran Purbaya yang telah kita laksanakan hari Senin lalu tanggal 13 Mei 2024.

2. Upacara penyerahan Pataka dari kami, Pemerintah Kabupaten Tegal kepada keluarga Kalisoka yang baru saja kita laksanakan.

3. Kirab Pataka dari Padepokan Purbaya di Desa Kalisoka ke Monumen GBN Slawi dan selanjutnya menuju Rumah Dinas Wakil Bupati Tegal pada hari Kamis, tanggal 16 Mei mulai pukul 08.30.

"Jam pelaksanaan ini kita ralat dari publikasi kita sebelumnya pukul 13.00. Selain mengirab Pataka, secara bersamaan juga ada parade gunungan hasil bumi dari Monumen GBN menuju Rumah Dinas Wakil Bupati, di mana di depan Rumdin ini sudah kita siapkan panggung kehormatan,"jelas Agustyarsyah.

Halaman:

Editor: Dwi Prasetyo Asriyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah