Krisis Minat Baca Ancaman Serius Bagi Bangsa Indonesia, TBM Camuluk Hadir Di Tengah Krisis Literasi

- 18 September 2020, 23:27 WIB

Bumijawa, KabarTegal.com- Ditengah krisisnya minat baca masyarakat sekarang ini merupakan sebuah ancaman yang besar untuk Bangsa Indonesia.

Apalagi anak-anak sekarang lebih sering bermain gadget daripada bermain Di Luar rumah, hal ini tentu saja membuat anak jarang berinteraksi dengan teman-temannya.

Baca Juga: Wisata Candi Arjuna Di Kawasan Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah

Berawal dari sini Ari Sanjaya yang merupakan pegiat literasi mengumpulkan rekan-rekannya yaitu sesama pecandu buku untuk menjadi kader dan memberikan pemahaman kepada masyarakat Bumijawa tentang perlunya membaca buku serta berinteraksi dengan alam.

Tepat di hari Rabu, 1 juli 2020 bertempat di Desa Bumijawa, Kabupaten Tegal. Sebuah komunitas literasi bernama "TBM CAMULUK" itu lahir dari rahim pikiran para pemuda.

Baca Juga: Hasil Swab Test Positif, Ketua KPU Arif Budiman Jalani WFH

TBM CAMULUK adalah singkatan dari Taman Baca Masyarakat CAMULUK. sedangkan CAMULUK merupakan nama dari seorang tokoh yang ada di Desa Bumijawa yaitu "Mbah Camuluk", Beliau merupakan seorang yang telah berjasa menemukan sumber mata air Bulakan di desa bumijawa, sehingga berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat dari dulu sampai sekarang.

Baca Juga: Curhatan BCL di Hari Ulang Tahun Ashraf Sinclair

Dalam pembelajaran di TBM CAMULUK kami menggunakan metode Experiential Learning (EL). EL merupakan proses pembelajaran berbasis pada pengalaman. Dalam prakteknya kami ingin mengajak anak-anak untuk bermain dan belajar sehingga dari sisi kognitif anak terasah juga berdampak pada kesehatan mental anak.***

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X