Deklarasi Tokoh Lintas Agama dan Penghayat Kepercayaan di Jalan Sehat Kerukunan Kemenag Kabupaten Tegal

- 15 Januari 2023, 06:43 WIB
Deklarasi Kerukunan Umat Beragama oleh Tokoh Lintas Agama
Deklarasi Kerukunan Umat Beragama oleh Tokoh Lintas Agama /Mohamad Soleh/

KABAR TEGAL - Segenap elemen yang berada dibawah naungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal mengikuti  jalan sehat kerukunan dalam rangka hari amal bhakti (HAB) Kemenag RI Ke 77, Sabtu 14 Januari 2023 di lapangan asrama polisi Kalibliruk, Slawi.

Kementerian Agama Kabupaten Tegal mengusung tema Kerukunan Umat untuk Indonesia hebat, dimana kegiatan tersebut diikuti oleh semua tokoh lintas agama dan penghayat kepercayaan yang ada di indonesia.

Pada kesempatan jalan sehat ini juga dibacakan deklarasi damai umat beragama oleh Agus Subiyanto salah satu orang pegawai di kementerian kabupaten Tegal dan diikuti dan diucap ulang oleh semua peserta yang hadir  jalan sehat kerukunan.

Deklarasi tersebut berisi empat poin pernyataan tokoh lintas agama dan penghayat kepercayaan untuk menjadikan Kabupaten Tegal yang moderat dan toleran, yang menjadi komitmen bersama untuk bersikap moderat dan berperilaku toleran di lingkungan kerja dan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Baca Juga: 13+ Link Template Video Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 Terbaru Download Gratis, Kustom Foto dan Ucapan

Deklarasi tersebut berisi berisi empat poin, adapun  isi deklarasi tersebuat adalah

  1. Memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebhinekaan yang menjadi anugrah terbesar bangsa Indonesia
  2. Mengukuhkan gerakan moderasi beragama untuk seluruh umat beragama guna mewujudkan kehdupan sosial yang rukun dan harmonis
  3. Menghindari segala bentuk kebencian, berita bohong dan tindakan yang dapat mengakibatkan pembelahan sosial akibat polarisasi politik
  4. Berkomitmen untuk tidak menggunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye atau aktivitas politik praktis sebagaimana yang trrtuang dalam Undang-Undang Pemilu.

Tokoh Lintas Agama Tanda tangan Deklarasi Damai
Tokoh Lintas Agama Tanda tangan Deklarasi Damai
Semua peserta siap sedia menjaga bangsa dari pengaruh paham radikal yang bertentangan dengan prinsip prinsip persatuan Indonesia Bhineka Tunggal Ika. Indonesia dengan berbagai ragam budaya, ras, agama, suku, hingga bahasa, maka sikap toleransi juga perlu ditanamkan dalam kehidupan dimasyarakat.

Baca Juga: Jadwal Sholat 5 Waktu Untuk Wilayah Kota Tegal dan Sekitarnya Minggu, 15 Januari 2023 Secara Lengkap

Bupati Umi Azizah, menyampaikan dalam sambutannya bahwa kementerian agama adalah lembaga pemerintah yang mengayomi semua unsur agama aliran kepercayaan yang diakui  dan yang ada di Indonesia, semoga kabupaten Tegal ayem, tentram dalam bingkai kerukunan beragama.

Jalan sehat kerukunan ini diikuti oleh mayarakat kabupaten Tegal dengan mencapai peserta puluhan ribu yang hadir serta didalamnya dinyanyikan lagu dan berjoget bersama  peserta dengan judul lagu Tegal Toleransi ciptaan H. Akhmad Farkhan, S.Ag. M.HI.***

Editor: Retno Dwi Marcelina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah