Peringati Maulid Nabi dan HSN 2021, Fatayat NU Kecamatan Jatinegara Gelar Aksi Sosial Donor Darah

- 26 Oktober 2021, 19:24 WIB
Kegiatan donor darah yang dilakukan Fatayat NU Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal
Kegiatan donor darah yang dilakukan Fatayat NU Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal /Kabar Tegal//Sandy

KABAR TEGAL - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW dan Hari Santri Nasional (HAN), Pengurus Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Kecamatan Jatinegara bersama LKNU MWC Jatinegara mengadakan aksi sosial berupa kegiatan donor darah.

Pelaksanaan donor darah dilaksanakan di SMP Al Ikhlas, Desa Cerih, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, Minggu 24 Oktober 2021, dengan peserta dari unsur pengurus ranting di masing-masing desa. 

Beberapa pengurus ranting juga mengirimkan peserta untuk menjadi pendonor darah sukarela, baik yang baru mendonorkan darahnya atupun sudah beberapa kali melaksanakan donor darah.

Baca Juga: Peringati Hari Santri Nasional, Ganjar dan ASN Pemprov Jateng Ngantor Sarungan

Dalam giat donor darah tersebut, berhasil didapat 35 kantong darah dari total 50 peserta yang mendaftar.Debbie N.A (P2D2S UDD) PMI Kabupaten Tegal menuturkan hasil dari pendonor sebagai berikut :

Jumlah berhasil : 35 kolf
Golongan darah A = 5 kolf
Golongan darah B = 7 kolf
Golongan darah O = 23 kolf
Golongan darah AB = 1 (gagal Donor)
Total : 35 kolf
Gagal seleksi : 15 orang

Roudotul Hidayah, selaku ketua PAC Fatayat NU Kecamatan Jatinegara menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari rasa kepedulian terhadap warga masyarakat. 

"Stok darah di PMI dikabarkan juga tengah menipis, jadi kami berinisiatif mengadakan donor darah sebagai bentuk ikhtiar membantu masyarakat yang membutuhkan darah. Dan donor darah juga bisa menyehatkan tubuh," jelas Roudotul Hidayah.

Baca Juga: Budayawan Atmo Tan Sidik: Maknai Hari Santri Sebagai Refleksi Resolusi Jihad

Ditambahkan Roudotul, Lembaga Kesehatan Nahdatul Ulama (LKNU) MWC Kecamatan Jatinegara akan terus menyerukan kegiatan serupa untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI. 

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X