Slawi Gotong Royong Hadir dengan Semangat Berbagi Manfaat Ditengah Pandemi

- 21 Juli 2021, 23:31 WIB
Slawi Gotong Royong
Slawi Gotong Royong /Kabar Tegal//Kabar Tegal

KABAR TEGAL - Sejak diumumkan pada Maret 2020 lalu, pandemi Covid-19 membawa banyak dampak bagi ekonomi secara menyeluruh. Tak hanya dunia, pada level nasional bahkan daerah pun mengalami pelesuan ekonomi yang sangat signifikan. 

Demikian juga dengan pelemahan di bidang kesehatan, meningkatnya angka positif Covid-19 membuat kapasitas rumah sakit dan layanan medis lainnya tak mampu mengimbangi lonjakan yang pesat setiap harinya. Akhirnya pasien positif Covid-19 dianjurkan untuk menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah. 

Namun, penanganan pasien yang tengah menjalani isolasi mandiri dirasa kurang maksimal. Asupan obat-obatan, bahan pangan, hingga vitamin seringkali terdengar tak terjangkau bagi pasien isoman. 

Baca Juga: Empat ABK Asal Suradadi Kabupaten Tegal Dikabarkan Hilang di Perairan Tanjung Pinang

Hal ini mengundang keprihatinan beberapa tokoh-tokoh masyarakat, aktivis, hingga lintas profesi di Kabupaten Tegal. Diinisiasi oleh salah satu aktivis wanita Kabupaten Tegal, Desi Setiyani dan Sekretaris salah satu organisasi kemasyarakat, Rojikin dibentuklah Komunitas Slawi Gotong Royong dengan tujuan melakukan aksi-aksi nyata membantu pasien isoman dan yang warga tak mampu yang terdampak pandemi Covid-19. 

"Berangkat dari keprihatinan kami terutama saat mendengar banyak keluhan dari masyarakat yang menjalani isolasi mandiri namun tak terjangkau bantuan secara maksimal, akhirnya kami buat grup whatsapp yang anggotanya lintas profesi. Kami galang donasi dengan rencana awal menyalurkan bantuan sembako kepada pasien yang isoman," jelas Desi.

Desi menambahkan, sejak terbentuk 16 Juli 2021 lalu, Slawi Gotong Royong telah berhasil mengumpulkan donasi bukan hanya dana, namun barang-barang kebutuhan pangan berupa sembako. Rencananya pada Kamis (22 Juli 2021) besok, Slawi Gotong Royong akan melaksanakan kegiatan perdananya dengan menyalurkan sembako dengan jumlah total 100 paket yang akan disalurkan dua tahap.

Baca Juga: Daftar Nama ABK Asal Tegal yang Jadi Korban 17 Kapal Tenggelam di Kalbar

Paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, susu, gula, dan mie instan akan dibagikan langsung kepada masyarakat yang tengah menjalani isoman secara dor to dor

"Alhamdulilah, 50 paket sembako sudah hampir selesai disiapkan, rencananya besok siang (22 Juli 2021 red.) akan disalurkan dor to dor ke warga yang isoman, 50 paket sembako lagi di tahap selanjutnya," pungkas Desi. 

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X