Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 H di Masjid Agung Kabupaten Tegal Secara Umum Ditiadakan

- 20 Juli 2021, 08:27 WIB
Masjid Agung Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Masjid Agung Kabupaten Tegal, Jawa Tengah /Kabar Tegal//Ade Windiarto

KABAR TEGAL - Pelaksanaan Sholat Idul Adha 2021 M/1442 H secara umum ditiadakan selama masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Hal tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Kementerian Agama (Kemenag) RI nomor 17 tahun 2021 mengenai peniadaan sementara peribadatan di tempat ibadah, malam takbiran, Sholat Idul Adha, dan petunjuk teknis pelaksanaan kurban tahun 1442 H, selama PPKM Darurat.

Seperti halnya di Masjid Agung Kabupaten Tegal, pelaksanaan Sholat Idul Adha secara umum tidak dilaksanakan, namun hanya beberapa pengurus dan marbot.

Baca Juga: Puluhan Pelajar yang Hendak Demo PPKM di Kota Tegal Diamankan Polisi, Dua Orang Reaktif Covid-19

Ketika ditemui, Ketua Yayasan Masjid Agung Kabupaten Tegal, Hasan Munawar mengatakan jika pelaksanaan Sholat Idul Adha tahun ini secara umum ditiadakan.

"Kami melaksanakan khusus untuk pengurus dan marbot. Hal itu sesuai syariat untuk menggugurkan kewajiban. Meskipun demikian, kami tetap tekankan protokol kesehatan secara ketat," ujar Hasan Munawar, Selasa 20 Juli 2021.

"Kemarin pengurus Masjid sudah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melaksanakan Sholat Idul Adha tahun ini di rumah saja," lanjutnya.

Baca Juga: Niat Sholat Idul Adha Sendiri Atau Berjamaah Lengkap dengan Terjemahan dan Tata Caranya

Sementara terkait kurban, Hasan menjelaskan bahwa penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Kabupaten Tegal dilakukan besok (21 Juli.red). Masyarakat dihimbau untuk tetap di rumah karena panitia yang akan mendatangi.

"Penyembelihan hewan kurban besok, kami juga melakukan dengan standar protokol kesehatan, termasuk sistem pembagian lewat kupon yang disebar oleh pengurus RT/RW. Masyarakat akan didatangi oleh panitia kurban," jelasnya.***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X