PENTING! Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan Fresh Graduate Dalam Membuat CV

- 14 Januari 2021, 13:50 WIB
Hal Yang harus kamu perhatikan dalam membuat CV (CURRICULUM VITAE) /Mohamed_hassan /pixabay.com

KABAR TEGAL - Sebagai seorang fresh graduate seringkali bingung dalam membuat Cv(CURRICULUM VITAE). Meskipun di era sekarang sudah banyak media yang bisa digunakan untuk mencari referensi.

Berikut kesalahan yang sering dilakukan fresh graduate dalam membuat CV.

Baca Juga: Aplikasi Batang Career, Jembatani Para Pencari Kerja

Yang pertama Terlalu banyak informasi atau informasinya tidak relevan.Biasanya fresh graduate akan berfikir bahwa CV harus dilengkapi dengan lampiran KTP, SIM, sertifikat kepanitiaan, dan sebagainya. Lampiran tersebut sungguh tidak perlu dan hanya akan memperbesar ukuran file CV. Sebaiknya ukuran CV tidak lebih dari 500 KB.

Kemudian CV Terlalu sedikit informasi. Ini juga tidak benar. Misalnya hanya mencantumkan posisi Staf di pekerjaan terakhir. Staf apa? Apa yang Anda lakukan di perusahaan tersebut?

Selanjutnya Berbohong. Misalnya seseorang menyantumkan dirinya 90% mahir menggunakan suatu perangkat lunak, misalnya Adobe Photoshop (PS).

Baca Juga: Modus Tawarkan Pekerjaan, Sindikat Pencurian Motor Dibekuk Polisi

Apa parameternya? Apakah nilai 90% berarti Anda bisa memanipulasi gambar hanya dalam hitungan detik? Apakah berarti Anda bisa menghafal seluruh shortcut key yang ada di perangkat lunak tersebut?

Biasanya kebohongan ini baru bisa terlihat saat orang itu diterima bekerja.

Yang terakhir tidak mencetaknya. Bisa dibilang tips ini agak kuno: mencetak CV di zaman digital. Bukankah rekruter sudah menerima soft copy CV kita melalui surel/aplikasi?

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X