Ditlantas Polda Jateng Uji Coba Etle Drone di Brebes

- 24 Januari 2023, 18:15 WIB
Ditlantas Polda Jateng melakukan uji coba tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Brebes
Ditlantas Polda Jateng melakukan uji coba tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Brebes /Sri Yatni/

KABAR TEGAL - Ditlantas Polda Jateng melakukan uji coba tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Brebes. Uji coba dilakukan di satu tempat, yakni simpang Tiga Exit Tol Brebes Timur, Selasa, 24 Januari 2023. pagi tadi.
Dalam Uji Coba Drone di Brebes, Dipimpin Kanit V Sigar Subdit Gakkum Ditlantas Polda Jateng Iptu Doohan Octa Prasetya didampingi Kanit Gakkum Satlantas Polres Brebes Ipda Rizky Renandi Putra.
"Untuk ujicoba ETLE drone di simpang tiga exit tol Brebes Timur. dan juga kita bekerja sama dengan Asosiasi Drone Indonesia yang telah tersertifikasi menerbangkan ETLE drone," Ujar Iptu Doohan Octa Prasetya.

Nantinya, ETLE drone ini akan dikembangkan untuk dilakukan di 35 Kabupaten di wilayah Jawa tengah. Untuk cara kerjanya sendiri ETLE drone hampir sama ETLE statis dan ETLE mobile yang telah diberlakukan.

Diantaranya, yang menjadi sasaran utama pelanggaran tak memakai helm, melawan arus hingga marka jalan. Tujuannya semata-mata untuk mendisplinkan pengguna jalan, dan menekan angka kecelakaan. Harapannya membuat masyarakat lebih tertib dan disiplin berlalu lintas.

Baca Juga: Pimpin Apel Perdana, Ini Yang Disampaikan Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi

"Untuk kelebihanya, ETLE drone asendiri mampu menjangkau lokasi yang tak terjangkau kedua lainnya itu. Termasuk lebih detail karena camera dapat melihat dengan jelas beberapa jenis pelanggaran lalu lintas. Camera drone ini bisa memperbesar hingga 12 kali,"jelasnya.

ETLE drone diterbangkan oleh pilot drone diarahkan keatas tepat persimpangan jalan. Pilot hanya cukup melihat kamera monitor dalam alat pengendali. Jika ada pelanggaran lalu lintas, camera dapat memperbesar (zoom) hingga terlihat jelas.
Untuk kemudian, hasil camera drone mode capture yang menjadi bukti tilang elektronik atas pelanggaran lalu lintas pengendara tersebut.

Sementara itu, Kanit Gakum Satlantas Polres Brebes Ipda Rizky Renandi Putra mengatakan, pihaknya siap memberlakukan ETLE drone di wilayah hukum Polres Brebes.

Baca Juga: Segera Cek Penerima Bansos BPNT atau Kartu Sembako Januari 2023 ke cekbansos.kemensos.go.id atau Aplikasi

"Pada prinsipnya kita siap memberlakukan ETLE drone. Kita masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pimpinan. Untuk pilot drone kita juga sudah persiapkan agar bersertifikasi ETLE drone," kata Rizky Renandi Putra.***

Editor: Dessi Purbasari


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x