Kemenkes RI Verifikasi Lapangan Sentra Pangan di SD Muhammadiyah Ketanggungan

- 22 September 2022, 14:10 WIB
Kementerian Kesehatan RI bersama Kemenkes Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melakukan verifikasi lapangan kantin
Kementerian Kesehatan RI bersama Kemenkes Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melakukan verifikasi lapangan kantin /Sri Yatni


KABAR TEGAL - Dalam rangka peningkatan kualitas sentra pangan jajanan atau kantin, Kementerian Kesehatan RI bersama Kemenkes Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melakukan verifikasi lapangan kantin yang memenuhi syarat kesehatan tingkat nasional tahun 2022 di SD Muhammadiyah Ketanggungan, Selasa, 21 September 2022.

Hadir pada kegiatan tersebut Direktur Penyehatan Lingkungan dr. Anas Ma'ruf, BPJPH Kemenag Hj. Evy Nuryana, Ketua Timker PLR Sofwan, Timker Penyehatan Pangan Dwita Indah Sari, Dit Penyehatan Lingkungan nanda Annisa Devianti, Kemendagri hadrian Marta.

Hadir pula Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dinas Provinsi Jawa Tengah Yuni Rahayuningtyas, Dinas Kesehatan Brebes, BPJH Kementerian Agama, Pengurus yayasan SD, PDM Brebes, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ketanggungan dan Pimpinan Cabang Aisyiyah Ketanggungan, Komite Sekolah, Pengawas Pendais dan Pengawas TK SD Dabin 3 Ketanggungan.

Baca Juga: Polri Paparkan Upaya Maksimal Amankan Pelaksanaan Presidensi G20

Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI Anas ma'ruf mengatakan, verifikasi lapangan sentral jajanan atau kantin memiliki tujuan tidak semata mata penghargaan, namun terkait peningkatan kualitas kantin.Hal ini karena pangan merupakan unsur yang penting kaitannya dengan kesehatan.

"Anak sekolah merupakan generasi pembentukan, salah satunya pentingnya mengenai asupan konsumsi yang bergizi. Hal ini juga berkaitan dengan pencegahan stunting agar anak terjaga kualitas asupan pangannya yang sesuai," katanya.

Ucapan selamat disampaikan Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI Anas Ma'ruf kepada Kantin SD Muhammadiyah Ketanggungan yang lolos sebagai salah satu nominasi sentra pangan atau kantin tingkat nasional. Semoga pada praktiknya dapat memacu semangat bagi SD Muhammadiyah Ketanggungan agar lebih baik lagi dalam pelayanan kantin dengan menyajikan makanan bergizi.

Baca Juga: Buka Laman eform.bri.co.id untuk Cek Penerima BLT UMKM, BPUM 2022 Cair Rp600 Ribu jika Penuhi 6 Syarat Ini!

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dinas Provinsi Jawa Tengah Yuni Rahayuningtyas, program ini memberi motivasi kepada semua untuk memberikan layanan pengolahan pangan yang sehat, bersih dan layak untk dikonsumsi. Untuk institusi pendidikan, ini merupakan satu pembelajaran di dalam pengolahan pangan yang dikelola baik akan berkontribusi terhadap pembentukan karakter anak

Kepala SD Muhammadiyah Ketanggungan Naneh Dhahneh mengungkapkan, SD Muhammadiyah Ketanggungan yang memiliki kantin Sekolah Blue Canteen telah memenuhi syarat higien sanitasi 2022. Blue Canteen ini bertujuan unyuk penumbuhan karakter mulia bagi peserta didik.

Halaman:

Editor: Dessi Purbasari


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x