Brebes, Bakal Miliki Pabrik Garam Industri

- 16 Oktober 2020, 22:33 WIB
Adanya pabrik garam industri, diharapkan bisa mempercepat pembangunan ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam berupa garam yang melimpah di Brebes.. /

 

KABAR TEGAL - Di Brebes, tidak lama lagi akan berdiri Pabrik Garam Industri. Pendirian pabrik tersebut telah melewati tahapan Memorandum of Understanding (MoU) atau penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Brebes dengan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (SPTJ), di Pendopo Bupati Brebes, Jumat (16/10) sore.

Dengan adanya pabrik garam industri, diharapkan bisa mempercepat pembangunan ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam berupa garam yang melimpah di Brebes..

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH dalam sambutan tertulis yang di dibacakan Asisten 2 Sekda Brebes Dra Tetty Yuliana MPd menyambut baik penandatanganan kerjasama ini.

Sesuai dengan amanat perpres nomor 79 tahun 2019 pembangunan pabrik garam melibatkan mitra BUMD Provinsi Jawa Tengah yaitu PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (SPJT).

Kerja sama dengan PT SPJT juga dapat diperluas pada pengembangan potensi daerah yang lain seperti sektor infrastruktur, ketahanan pangan, properti, pariwisata, energi serta sektor lain yang memungkinkan untuk dikembangkan di Kabupaten Brebes.

"Brebes, memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah, baik di sektor pertanian, perikanan dan lainnya," kata Bupati

Idza menjelaskan, dengan garis pantai sepanjang 67 km, Kabupaten Brebes memiliki potensi lahan tambak garam seluas 1.176 hektar.

Saat ini, jumlah petani tambak garam sebanyak 658 orang, yang tersebar di 5 kecamatan yakni Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung dan Losari. Mereka juga telah mendirikan 5 koperasi garam di masing masing kecamatan.

Halaman:

Editor: Dasuki Raswadi


Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X