Dirpolairud Jateng Kukuhkan Tim Sar Dan Relawan Arnavat 3 Polres, Ini Tujuanya

- 17 Mei 2024, 21:38 WIB
Untuk tugas kemanusiaaan Dirpolairud Polda Jawa Tengah dan Tim SAR terjunkan ratusan relawan yang tergabung dari sejumlah Polres
Untuk tugas kemanusiaaan Dirpolairud Polda Jawa Tengah dan Tim SAR terjunkan ratusan relawan yang tergabung dari sejumlah Polres /Sri Yatni/

KABAR TEGAL - Dirpolairud Polda Jawa Tengah Kombes Pol Hariadi mengukuhkan ratusan Relawan SAR “Arnavat” dari 3 (Tiga) Polres yaitu, Polres Brebes, Polres Tegal Kota, Polres Tegal, pada Jumat, 17 Mei 2024 bertempat di Pantai Randusanga Brebes.

Dalam sambutanya Dilporairud mengungkapkan kegiatan apel yang sekaligus pengukuhan Relawan Sar Arnavat Sat Polairud tersebut bertujuan untuk membantu jajaran Kepolisian khususnya Polairud di wilayah yang dinilai masih kekurangan personel dalam membantu gangguan Kamtibmas maupun darurat bencana serta kecelakaan perairan di wilayah masing masing.

Dirpolairud menyebutkan bahwa angka kecelakaan laut di Jawa Tengah pada satu tahun terakhir masih tergolong tinggi. Berdasarkan data, terdapart kapal hanyut tenggelam sekitar 40 kasus. Orang tenggelam karena wisata ada 38 kejadian. Selanjutnya kasus lain orang meninggal dunia diatas kapal hampir 80 kejadian serta total orang meninggal dunia di laut berkisar antara 125-130 orang.

Baca Juga: Forum Pemred PRMN Siap Kawal PPDB Tanpa Kecurangan dan Diskriminasi

“Oleh karena itu, kita bentuk Relawan Sar Arnavat Sat Polairud dengan tujuan untuk membantu rekan-rekan Polairud di wilayah. Dikarenakan di wilayah itu personil polairud kurang lebih hanya 15-20 personil,” ungkapnya.

Hariadi juga menyebut bahwa Relawan Sar Arnavat tersebut telah dibekali dan diberikan materi pengetahuan dasar tentang bagaimana cara penanganan dalam membantu evakuasi saat terjadi kecelakaan laut dengan harapan nantinya pada saat dibutuhkan bisa langsung menerapkan apa yang sudah diajarkan dan dapat membantu proses jalannya evakuasi.

“Selain untuk tugas-tugas kemanusian, relawan juga bisa membantu dalam memelihara kamtibmas di daerah pesisir, sehingga akan meringankan tugas Polairud yang keterbatasan anggota,” terangnya.

Baca Juga: Selamat! PIP Kemdikbud 2024 Rp1 Juta Cair Mei, Cek Rincian Pencairan Siswa SD, SMP, SMA, SMK

Sementara itu, kepada jajaranya Dirpolairud Kombes Hariadi menekankan dalam rangka antisipasi kecelakaan laut dan perairan untuk meningkatkan patroli di wilayah perairan terutama pada saat hari libur serta mensiagakan peralatan Polairud pada obyek-obyek wisata.

Halaman:

Editor: Dessi Purbasari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah