Bus Vaksin Keliling Pemprov Jateng Terus Bergerak Menyasar Warga di Pelosok Desa

- 13 September 2021, 19:02 WIB
Tim “Vaccine Mobile” atau layanan Vaksin Keliling Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus bergerak mempercepat capaian vaksinasi Covid-19.
Tim “Vaccine Mobile” atau layanan Vaksin Keliling Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus bergerak mempercepat capaian vaksinasi Covid-19. /Kabar Tegal/Pemprov Jawa Tengah

KABAR TEGAL - Tim “Vaccine Mobile” atau layanan Vaksin Keliling Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus bergerak mempercepat capaian vaksinasi Covid-19.

Sejak pertama diluncurkan pada 8 September 2021 lalu, tim yang bergerak menggunakan fasilitas bus ini berhasil memvaksin 1.453 orang di Kabupaten Magelang.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dr. Elhamangto Zuhdan mengatakan, jumlah itu berasal dari tiga desa di Magelang. Diantaranya Desa Borobudur, Desa Karangrejo dan Desa Wanurejo.

Baca Juga: Polda Jateng Siapkan 320 Ribu Dosis Vaksin Sasar Pesantren dan Tempat Ibadah

“Di Desa Borobudur yang terdaftar 535 orang, yang tervaksin 475 orang. Sementara di Desa Karangrejo yang hadir 510 orang, yang tervaksin 481 orang. Terakhir di Desa Wanurejo yang hadir 530 orang, yang tervaksin 497 orang,” jelasnya pada 13 September 2021.

Ia mengatakan, dari target 1.500 lebih orang di Magelang, belum semua tervaksin. Hal itu karena dari warga yang hadir, tidak semua layak divaksin. Penyebabnya, memiliki penyakit bawaan dan kondisi badannya tidak prima.

Perlu diketahui, tim “Vaccine Mobile” terdiri dari dua bus dan dua ambulans, serta empat vaksinator. Kendaraan tersebut untuk memudahkan mobilisasi vaksinator dalam melayani vaksinasi warga di pelosok desa.

Baca Juga: Ayo Vaksin Sambil Berwisata di Pantai Alam Indah Tegal

Fasilitas ini diluncurkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Rabu minggu lalu.
Kabupaten Magelang dipilih karena merupakan destinasi pariwisata superprioritas. Selain itu, kehadiran Vaksin Keliling diharapkan mendongkrak capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah tersebut.

“Ada dua vaksinator di dua bus. Vaksinatornya supporting bisa mempercepat, misalnya untuk 200-300 orang bisa empat hari, ini bisa tiga jam bisa selesai. Ini sedang bergerak di Desa Segaran, Kecamatan Delanggu Klaten,” pungkas Elham.***

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X