Guna Pantau Kinerja Pendamping Desa, Kemendes PDTT Siapkan Aplikasi

- 21 November 2020, 17:15 WIB
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan (kanan) memberikan cinderamata kepada Menteri Desa dan PDTT, Abdul Halim Iskandar di Pangkalpinang, Sabtu (21/11/2020). ANTARA/Aprionis
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan (kanan) memberikan cinderamata kepada Menteri Desa dan PDTT, Abdul Halim Iskandar di Pangkalpinang, Sabtu (21/11/2020). ANTARA/Aprionis /

KABAR TEGAL - Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia mempersiapkan aplikasi daily report, guna memantau kinerja petugas pendamping desa dalam memberdayakan ekonomi dan sumber daya masyarakat desa.

"Saat ini, kita sedang menyusun dan diharapkan Desember tahun ini aplikasi daily report ini sudah disosialisasikan ke masyarakat," kata Menteri Desa dan PDTT, Abdul Halim Iskandar di Pangkalpinang, Sabtu 21 November 2020.

Ia mengatakan dengan adanya aplikasi ini, nantinya para petugas pendamping desa se-Indonesia dapat mengisi rencana kerja, melaporkan hasil kerja dan menilai kinerja diri sendiri secara daring.

Baca Juga: Pemkot Tegal Diminta Realisasikan Wacana 3 Tempat Isolasi Pasien Covid-19

"Kita percaya para pendamping desa ini jujur dan jika mereka tidak jujur tentu nanti ketahuan, karena akan ada sinyal-sinyal yang muncul di aplikasi tersebut dan inilah kecanggihan informasi teknologi," ujarnya.

Menurut dia sistem ini tidak hanya untuk memantau kinerja pendamping desa, tetapi kepala daerah juga dapat mendeteksi, mengakses informasi terkait efektifitas penggunaan desa">dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat untuk percepatan ekonomi serta sumber daya manusia masyarakat desa.

"Melalui aplikasi ini gubernur, bupati dan wali kota dapat melihat langsung kondisi dan pemanfaatan desa">dana desa di daerahnya," katanya.

Baca Juga: Menag : Pembelajaran Tatap Muka Tetap Jadi Pilihan Utama

Demikian juga, kementerian desa juga dapat melihat kondisi desa se-Indonesia melalui sistem ini.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X