Bupati Brebes: Penggunaan Dana Desa Harus Transparan

- 15 Desember 2020, 12:12 WIB
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat roadshow sosialisasi Dana Desa.
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat roadshow sosialisasi Dana Desa. /

KABAR TEGAL - Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mewanti-wanti kepada Kepala Desa agar dalam menggunakan Dana Desa (DD), harus transparan dengan memprioritaskan penggunaan sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Nomor 13 tahun 2020 dan Peraturan Bupati Nomor 80 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun anggaran 2021.

“Kades harus transparan dalam penggunaan dana desa dan program skala nasional di tengah situasi pandemi covid 19 harus diujudkan, agar desa selaras dengan pemerintah kabupaten dan pemerintah pusat,” tutur Idza usai menyelesaikan roadshow sosialisasi Dana Desa di 17 Kecamatan.

Kata Idza, desa harus melaksanakan tiga kegiatan utama skala nasional, yaitu kegiatan aman covid-19, bantuan langsung tunai, pemulihan ekonomi melalui swakelola dan padat karya tunai desa.

Baca Juga: BLT DD Tahap VII Disalurkan Kepada 173 KPM di Desa Bulakpacing

“Pelaksanaan aman covid-19 harus terus di sosialisasikan kepada masyarakat dengan mentaati  3M, mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menghindari kerumunan karena taat aman covid akan terhindar dari terpapar virus mematikan ini,” ungkap Bupati.

Dalam acara sosialisasi penggunaan Dana Desa 2021, secara simbolis di lakukan penyerahan pagu indikatif Dana Desa tahun 2021 oleh Bupati pada Kepala Desa.

Lanjut Idza, Pendidikan di Kabupaten Brebes juga menjadi sorotan bupati agar menjadi prioritas penggunaan dana desa di 2021 yaitu program pendidikan sepanjang hayat dengan menggunakan dana desa. Minimal satu desa mrngalokasikan sepuluh orang dengan nilai Rp 1.500.000 pertahun perorang.

Baca Juga: Siaga Bencana, Korbrimob Siapkan Ribuan Personel Terlatih DVI

“Desa harus mengalokasikan anggaran untuk program pendidikan untuk semua dengan melalui pendidikan kejar paket yang dibiayai dengan anggaran dana desa perorang 1.500.000 pertahun minimal 10 orang untuk diikutsertakan dalam program tersebut,” tegas Bupati.

Halaman:

Editor: Lazarus Sandya Wella


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X